Saturday, August 07, 2004

H-12 wisuda: inikah jalan hidupku?

Ini bukan masalah kemampuan atau kemauan, ini masalah kesempatan dan bagaimana memanfaatkannya

Sabtu ini mungkin akan jadi momen paling penting dalam hidup seorang Anjar, disela-sela penantian penuh kecemasan menjelang wisuda. Disela-sela begitu banyak pilihan dan diantara banyak keraguan.

3 hari yang lalu aku masih memutuskan untuk berkarir dalam dunia akademik hingga datang seorang dosen PTS di YK yang memberikan pencerahan baru tentang dunia akademik, dimana kesempatan dirinya untuk melakukan riset sangatlah terbatas.

Padahal pasca seminar SNATI 19 juli yang lalu, aku sudah sangat bersemangat memilih dosen sebagai jalan hidupku. Dimana banyak dosen-dosen muda yang tentunya sangat ambisius menganjurkan aku bekerja sebagai dosen.

Atau beberapa minggu yang lalu, saat seorang kawan lama menganjurkan aku untuk berkarir dibidang politik. Menurutnya aku punya potensi kepemimpinan yang bisa dikembangkan.

Dan hari ini, 3 jam aku mendengarkan petuah seorang country manager, lulusan terbaik dari jurusan terbaik di Indonesia dengan level 'kekuasaan' tertinggi saat ini. Membuatku harus mendefinisikan ulang arti kerja keras.

No comments: