Saturday, November 06, 2004

Mimpi-mimpi

Hari ini aku baru pulang kost menjelang pukul 19.00, tadi ada acara buka puasa bersama di kantor. Biasanya kami berempat anak kost mbeli makanan bareng-bareng terus dilanjutkan nongkrong dilantai dua sambil melihat orang-orang yang lalu lalang. Teguh yang kebetulan hari ini tidak kerja lembur menemani aku ngobrol.
"Asem guh...tadi malem aku mimpi ketemu keluarga di Cirebon. Dan entah ini sudah mimpi keberapa belakangan ini. Ngopo yo? kok ngene terus."
"Wealah bukan kamu aja kok njar. Aku ae udah 3 hari ini ngimpi udah ada di rumah. Itu biasalah, yang namanya udah tinggal seminggu-dua minggu lagi mesti kebawa-bawa pengen pulang"
“Hahaha…awakmu sing serem tak kira gak kangen karo omah!”
“He njar aku tuh udah lama disini, yang namanya kangen ma orang rumah tuh memang sampe terbawa-bawa mimpi. Gak heran”

Malam itu kami berdua melanjutkan ngobrol ngalor ngidul, memang ga sempet taraweh karena selain kekenyangan makan aneka masakan sepuasnya di restoran Padang, Teguh juga baru pulang kerja. Maklum orang seperti dia yang kerja di pengecatan kendaraan, siang terik mesti ngecat plat-plat mobil yang baru keluar dari oven panas.
“Udah beli makan belun jar? Aku udah tadi sama Said ditempat biasa”
“Belum eh, tar nunggu Sugi aja. Masi males banget nih.”
“Mending beli sekarang aja, ntar sahur tinggal bangun, makan, tidur lagi. Daripada harus keluar lagi. Males eh”
“Ntar deh, nunggu Sugi.”

Nampaknya hingga pukul 20.30 Sugi tidak juga kunjung datang, tumben biasanya supervisor macem mereka lebih santai. Lebih baik aku pergi sekarang, kebetulan Said juga pingin pergi. Shiftnya memang malam ini, bergantian dengan Teguh.
“Aku lewat sini ya. Sampai ketemu besok. Ati-ati kepalamu tuh jangan kena besi lagi”
“Hahaha, iya iya, udah gak apa-apa kok sekarang”
Mau gak mau aku harus beli makan untuk sahur. Biasanya ibu kost akan membuatkan makan dan kita akan membayar seminggu sekali. Tapi hari ini ibu sepertinya sedang tidak enak badan. Sudah sejak petang dia mengingatkan pada kami untuk membeli makan diluar.

03.15 Alarm yang kupasang di HP berbunyi, masih banyak waktulah aku pikir. Dan sambil mematikan HP aku terus melingkar menikmati sejuknya pagi. Ah…nikmatnya, seperti dirumah sendiri…mmmm.
“Anjar…bangun sahur gak”
“Eh Sugi, iya nih ntar lagi deh, aku udah beli makanan kok”
“Ayo lah bareng-bareng dikamerku sekalian nonton TV”
Menu sahur ini ayam goreng, dengan bumbu pecel, tak lupa lalapan yang kedua-duanya gak kumakan. Khawatir sakit perut, dan memang beberapa hari yang lalu sempat kena diare yang mungkin salah satu penyebab adalah makanan ini.

Sebenarnya mata ini masih sangat berat gara-gara nonton film tadi malam hingga lewat tengah malam. Kupaksakan suap demi suap…dan akhirnya selesai juga. Tayangan pelawak ditelevisi tidak terasa lucu lagi. Nampaknya semua terasa dingin, aku masih membayangkan acara buka puasa bersama kemarin.

“Gi…aku langsung tidur lah, ngantuk banget”
“Lah…ini njar masi ada, ga mau?”
Aku langsung kembali ke kamar, menyalakan kipas angin dan kembali tidur, memang tidur abis sahur rasanya enak sekali. Dalam mimpi serasa aku sudah ada dirumah, dikamar kesayanganku. Ibu menyambut kedatanganku dengan menyiapkan ayam goreng, yang kali ini lebih besar dengan bumbu favoritku. Disitu tampak kakak dan adikku yang juga sedang menikmati ayam goreng yang lebih besar.

Sampai akhirnya siang ini aku baru tersadar bahwa ada hal yang penting yang kulupa.
“Waduh rupanya tadi sahur aku belum minum nih, pantes tenggorakan rasanya seret sekali…Tapi ini mimpi atau bukan ya.”

-----
ramadhan ke duapuluh dua

No comments: