Friday, November 05, 2004

Narcolepsy?

Definisi kasar: Penyakit gampang tidur lawannya insomnia, penyakit dimana orang bisa tidur sangat banyak sekali, bisa sampai >20jam sehari. Bisa tidur saat sedang jalan, naik motor, atau memimpin rapat. Penyebabnya beragam bisa dari psikologis maupun fisik, menyerang siapa saja dan tidak tergantung umur.
***
Disini udah pernah dibahas tentang Narcolepsy lum? aku sharing sedikit yah. Buat yang pernah nonton film Rat Race (Komedi) kisah tentang balapan unik antara beberapa orang untuk menuju suatu lokasi, siapa yang pertama kali mendapatkan sejumlah uang, yang sebenarnya peserta balapan tadi jadi objek taruhan suatu klub judi. Di film ini ada seorang tokoh yang yang diperankan Rowan Atkinson a.k.a Mr Bean dimana waktu dia lagi lari beliau bisa langsung tertidur, ditengah jalan pula.

Karena itu di Film, aku gak begitu percaya sampai suatu hari aku ketemu pasien Narcolepsy tercatat pertama di Indonesia. Konon penderita Narcolepsy kelas wahid memang bisa tertidur saat sedang berjalan atau mengendari motor, kebetulan dikampus saya tiba-tiba booming penyakit ini, jadi saya pengen cerita banyak tentang hal ini.

Secara fisik, ada bbrp pasien narcolepsy yang memiliki gangguan pada fungsi paru-paru dan pernafasannya. Tapi ada juga yang ketika menjalani test tidur, diketahui memiliki tingkat mimpi hingga belasan, orang normal memiliki tingkat mimpi 1-2 semalam

Tercatat bahwa bbrp pejabat perbankan mengidap penyakit ini dan harus berobat di Singapura, dan kebetulan saya melihat liputannya di TransTV tentang penyakit ini

Memang ada sejenis obat yang bisa gak tidur 3 hari, dan itu biasanya dikasih saat therapy. Kalo untuk obat mungkin mahasiswa banyak tahu jenis2 obat yang dipake buat doping begadang

*) sebenarnya pengen nulis banyak, tapi ..., mungkin informasi detailnya bisa di browse di google, kalo di IRC setahu saya ada chat roomnya, antar persatuan orang tua yang anaknya menderita Narcolepsy. Silahkan dijadikan wacana, karena GangguanSleep itu ga mesti insomnia aja, tapi ada macem-macem. Dulu saya pernah konsultasi ke Psikolog khawatir saya stres, tapi konon kata psikolognya (di GMC lho, gratis) orang yang stress justru seringnya insomnia., kalo gampang tidur sih kemungkinan ga stress.

No comments: