Friday, November 05, 2004

Review satu bulan bekerja

Hari ini telah lewat 1 bulan bekerja sebagai application support yang merupakan pekerjaan pertamaku setelah lulus kuliah. Pelajaran berharga yang didapat ternyata bukan masalah line Clipper atau bagaimana meremote komputer. Tapi lebih banyak tentang diri dan komunikasi dengan orang lain.

Sikap individual di dunia kerja lebih jelas terlihat karena pada pekerjaan ini setiap orang memang bekerja lebih secara mandiri dengan client yang diamanahinya, jangan bandingkan dengan pekerjaan develop software atau sebagai staff EDP disebuah perusahaan. Kadang secara ekstremnya dituturkan oleh seorang rekan senior bahwa bahkan kepada rekan beda lajur meja sama sekali tidak ada komunikasi. Ya itulah industri IT, dan lebih khususnya outsourcing IT. Dimana kurang keterlibatan secara emosional dengan rekan-rekan satu tim. Dimana terkadang lebih nyaman untuk pop up dan sent email pada rekan yang lain.

Dongeng yang lain tentang dunia kerja adalah komunikasi, sedikit berbeda jika didunia kuliah rekan-rekan yang umumnya sebaya dan punya kehidupan yang hampir sama. Maka hambatan berkomunikasi dirasakan menjadi-menjadi saat menyadari bahwa beberapa rekan telah berkeluarga, pusing memikirkan istrinya, dan banyak tantangan lain yang tidak terbayang. Sepertinya cukup sulit melepaskan dari kenyataan bahwa ini tempat kerja bung! bukan tempat maen dan seneng-seneng seperti di kuliah.

Masalah karir ternyata sepenuhnya adalah pilihan, aku cukup beruntung bisa masuk di akhir tahun. Karena bisa melihat proses assesment dan review untuk rencana tahun kedepan. Biasanya dimulai bulan november ini. Ternyata orang tidak hanya dilihat dari bagaimana kemampuan teknisnya tapi juga kemampuan managementnya. Bagaimana dia melaporkan suatu kejadian, membuat progress report

No comments: