Thursday, October 07, 2004

Kiat mencari makanan murah

Bagi yang pernah bekerja di pabrik atau di kompleks sekitar pabrik pemandangan karyawan yang membeli makanan pada pagi atau siang hari adalah hal yang biasa. Begitu juga dengan saya sewaktu mengawali kerja di suatu kompleks pabrik di utara jakarta.

Di sekitar pabrik nampak berjejer penjual nasi kuning mungkin disatu jalur jalan yang saya lewati saja bisa terdapat 5-6 penjual nasi, dan ini menjadi jumlah yang cukup besar mengingat dikompleks ini terdapat bbrp jalur utama.

Sebetulnya penampilan saya tidak jauh berbeda dibandingkan karyawan yang lain, hanya saja saya mengenakan kemeja bebas, sepatu semi kulit dan membawa tas jinjing. Sedangkan karyawan perusahaan umumnya mengenakan seragam biru-biru, Mungkin sekilas seperti eksekutif muda, padahal kondisi kantong tidak seperti itu.

Mulanya saya tertarik dengan sebuah warung karena warung itu sekilas kecil dan tidak terlalu ramai, hari pertama ketika saya membeli diwarung itu ibu penjual menyebut bilangan tertentu untuk nasi kuning yang saya makan dan menurut saya itu cukup murah.

Esoknya saya kembali dan ternyata ibu itu menyebut harga yang jauh lebih murah dari yang kemarin dengan service yang ajaib juga sangat baik. Hal ini membuat saya cukup heran kenapa bisa seperti itu,

Selidik punya selidik ternyata saya memang mendapatkan harga special karena saya dijadikan icon warung ibu itu. Ibu penjual itu berpikir dengan memberi harga murah pada saya maka saya akan terus datang kewarung ini, dan mungkin pikirnya reaksi orang yang melihat warung kecil ibu ini didatangi orang berpakaian perlente akan lebih laris. Ilmu marketing ternyata berlaku dimana saja.

Anjar Priandoyo
[Edisi dongeng dari Jakarta]

1 comment:

copper said...

Hehehe.. mantep kiat dapet makan murahnya.
Gua di sini bisa juga tuh njar dapet murah.
Tapi ga gitu seh caranya soalnya gua pakaian semi-casual klo kerja. (dibandingin eksekutif2 yg lengan panjang segala)

Caranya ya normal.. ramah2 ama yg jaga stall, setelah kunjungan ke-2 ato 3 diajak kenalan ama yg punya, dan harga juga dikasi murah. Hahaha. (berlaku di deket rumah dan juga deket kantor) =D