Thursday, October 14, 2004

Post power syndrom

Akhir-akhir ini dimilis ikom 2000, banyak posting tentang pendadaran dan berbagai romantika seputar itu. semisal seorang rekan 2000 yang posting bahwa ada perasaan aneh selepas lulus ujian pendadaran. konon rasanya plong bebas dari skripsi ini tapi juga ada rasa takut2 untuk maju ke depan.

Dalam kerangka yang lebih umum, seorang aktivis mahasiswa bisa seorang ketua himakom, ketua panitia atau ketua departement dalam unit kegiatan mahasiswa sering kali mengalami perasaan aneh ini paska kegiatan berorganisasinya.

Kok rasanya aneh yah, setelah nganggur ga ada aktivitas dikampus...jadi hambar begitu penuturan seorang rekan. Atau akhirnya bisa bebas, dari semua ini...tapi kok tetep ga tenang yah dan bermacam komentar lain yang justru kontradiktif dengan keadaaan yang ada. Harusnya kita happy khan, kok malah jadi tegang gini

Ada bbrp skenario yang mungkin terjadi sehubungan dengan hal ini:
1. Kita memang bener2 sekuat tenaga untuk melewati hal ini, bisa skripsi atau amanah yang kita emban. Dan ternyata setelah kita menyelesaikannya orang tidak memberikan pengakuan apa-apa yang terukur. Orang hanya mengucapakan selamat ya udah skripsi. Tanpa mau perduli lebih jauh dengan apa yang kita kerjakan.

2. Kita memang sudah letih, karena semua energi kita sudah dicurahkan untuk ini, dan memang kita
tidak begitu perduli dengan komentar orang lain. Mungkin yang terjadi adalah ketidak singkronan antara tubuh kita dan perasaan kita. Tubuh dan otak kita sudah letih namun perasaan kita menolak untuk itu karena kita sadar ada tantangan yang jauh lebih berat didepan. Akibatnya muncul perasaan aneh dari bawah sadar itu.

dan mungkin ada bbrp skenario lain yang bisa dijelaskan.

yang ingin saya sharing disini, perasaan aneh dan ga enak ini adalah sesuatu yang wajar terjadi. Dan tentunya bisa negatif kalau tidak ditindak lanjuti, beberapa orang yang memang sudah overload mungkin butuh liburan, kalau yang dibutuhkan penghargaan mungkin dia perlu curhat, kalau yang dia perlukan tantangan maka dia perlu mencari tantangan baru.

Dan akhirnya dengan sedikit nada sombong :) mungkin orang lain akan menganggap remeh sesuatu atau apapun yang telah kita kerjakan, tapi jangan salah, banyak juga orang yang diam-diam terkagum-kagum dengan apa yang telah kita lakukan. So tetap bersemangat dalam berkarya. Sukses untuk yang sudah pendadaran n welcome to the world!

No comments: