Thursday, October 07, 2004

Tips perjalanan Jogja Jakarta

Mendapat panggilan test kerja/wawancara dari Jakarta adalah hal yang tidak bisa dihindari untuk job seeker dari jogja. Menyikapi hal-hal ini memang gampang-gampang sulit karena seringkali kita blank sama sekali tentang lokasi perusahaan dan dimana kita bisa tinggal, terkecuali ada saudara / tebengan lain.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan:
1. Usahakan untuk mengulur waktu yang tepat, biasanya perusahaan akan meminta waktu test yang tidak terduga-duga. kalau kita dihubungi via telepon, ajukan tanggal yang tepat, mungkin bisa dengan alasan jogja cukup jauh, atau alasan yang lain. Pintar2 lah negoisasi, pengalaman biasanya jobseeker terlalu bahagia mendapat panggilan sehingga telp, alamat dan informasi penting lainnya malah terlupakan.

2. Pastikan kita mengetahui lokasi test dengan tepat:
Bisa di liat di www.cybermap.co.id yang bisa search hingga nama gedung, atau liat peta Gunther W. Holtrof yang juga sangat lengkap.

3. Transportasi yang efektif
Ada beberapa skenario perjalanan yang bisa dilakukan, namun kelihatannya yang paling aman adalah kereta. Namun kelemahannya adalah jadwalnya yang sudah pasti. Ini skenario pertama:

I. Kalau kita diminta test pada hari selasa, maka berangkatlah dari Jogja hari senin sore, bisa menggunakan kreta api Progo sekitar 34.000, brangkat 17.00 dan sampai skitar 04.00 di Stasiun Senen. Senen terletak di Jakarta Pusat sehingga cukup mudah untuk pergi keberbagai lokasi lain. Kalau punya duit silahkan naik bisnis.

Sesampai distasiun senen kita bisa sholat, istirahat (tidur), mandi dan kemudian 05.30 bisa dilanjutkan perjalanan ke tempat test, alokasikan waktu sekitar 2 jam untuk perjalanan. Pengalaman penulis test umumnya dimulai pukul 9.00 dan ternyata sejak pukul 07.00 sudah banyak jobseeker yang menunggu.

Selesai test, paling sore sekitar 15.00 kita bisa langsung pulang ke stasiun senen lagi, dan menunggu kreta Progo yang datang pukul 21.00, Namun disarankan untuk naik kreta bisnis dengan pertimbangan berangkat lebih cepat 20.00 dan sampai juga lebih cepat.

Dengan ini kita sama sekali tidak perlu menginap di Jakarta. Namun perlu diingat bahwa saat itu kondisi kita sangat lelah, sehingga resiko semakin tinggi, kehilangan HP, kecopetan adalah sangat mungkin terjadi. Tapi jangan lupa juga, panggilan test kerja bisa lebih dari 2-3 kali, so latihan adalah kunci keberhasilan.

II. Jikalau lokasi test ternyata lebih dekat ditempuh dari stasiun Jatinegara, maka turunlah distasiun ini dan untuk mandi bisa dilakukan di Pasar Jatinegara karena kamar mandi stasiun kurang representatif.

III. Dalam kasus sangat khusus, dimana panggilan pada waktu sore hari maka alternatif lain adalah menggunakan bis dan lompat-lompat. Jogja-Purwokerto-Tegal-Cirebon-Jakarta adalah jalur yang mungkin ditempuh.

4. Bawalah barang seefektif mungkin.
Berangkatlah dengan menggunakan sandal jepit dan sepatu didalam tas, karena perjalanan 11 jam di Kereta api pasti membuat anda stress, belum lagi bayangan test yang akan dihadapi besok, sandal, kaos kaki, dan jaket bisa meredam stress anda, melindungi dari dingin, dan memberi rasa relax.

Gunakan celana jeans/tebal lainnya, dan simpan satu celana kain dalam tas anda. Karena celana tebal bisa melindungi anda dari silet dan tangan jahil copet. Dan jangan lupa bawa baju cadangan.

Intinya bawalah barang seringkas dan seefektif mungkin dan ini berpulang pada kebiasaaan kita masing-masing, kalau da yang merasa perlu membawa roti ya bawa roti, handuk, alat mandi dll.

5. Buat diri senyaman mungkin,
Kalau perlu titipkan tas yang berisi baju dan peralatan kita dengan satpam, dan berangkatlah ketempat test dengan percaya diri :) Semoga sukses

Anjar Priandoyo
~Sorry kalo udah pernah baca~

No comments: