Tuesday, July 13, 2004

Memahami seni

Entah keberapa kalinya aku menghadiri FKY putaran 2004 ini. Sejak peluncuran hari pertamanya 15 juni, aku dateng ke Benteng Vrederbug hingga hari ini 14 juli menjelang penutupan pasar seni dan pameran lukisan aku juga menghadirinya.

Yogyakarta dengan sejuta pesonanya memberikan kesempatan buatku sedikit banyak belajar memahami alam n seni, walao ampe sekarang aku ga gitu paham dengan semua ini. termasuk tidak pahamnya aku ketika menghadiri pameran karya mahasiswa di MSD (Modern School of Design)

Seni adalah hal yang sulit dimengerti bagiku, menikmati seni juga merupakan hal yang sulit bagiku. Namun menghadiri pameran karya seni, menikmatinya dalam sela kesendirianku adalah kenikmatan tersendiri. Ketika menyaksikan lukisan dengan judul "kesepian" yang terpancar dari lukisan itu adalah rasa kesepian yang justru bisa kunikmati.

Melihat keseharian dan aktivitasku di kota ini menjelang kepergianku adalah hal yang sangat membahagiakan, mampu menyaksikan pantai-pantai di tepi laut selatan, tempat-tempat pagelaran seni yang indah. Hingga seni menjalani hidup yang tidak akan pernah selesai...

No comments: