Monday, July 19, 2004

Sukses Bisnis harus 'bisa' Politik?

Minggu Malam 18 Juli 2004 21.00-23.30

Mahasiswa adalah "Agent of Change", calon pemimpin masa depan. Kata-kata itu masih terngiang dibenakku meski sudah 4 tahun berlalu. Ketika itu tahun 2000 dan aku masih seorang mahasiswa baru dikampus ini. Dikejutkan bahwa memang benar mahasiswa punya peranan yang besar dalam arus perpolitikan bangsa ini.

Tapi sekarang, sejenak aku melihat kenyataan yang terjadi diluar, berapa persen sih mahasiswa kita yang aktif dalam dunia politik. Aku melihat angka 5-8 orang dari >1000 orang mahasiswa MIPA diBEM, 7-9 orang aktif diHimakom mungkin. Ini jumlah yang sangat kecil, belum lagi dari segelintir orang itu, brapa orang yang benar-benar punya kemampuan mempengaruhi orang? brapa yang ideologinya jelas? brapa orang yang ikut-ikutan.

Sejak dulu aku tidak tertarik dengan dunia politik, bukan saja karena ibuku mentabukan diskusi politik dirumah. Tapi aku sering memandang politik sebagai dunia yang kotor. Tapi, melihat kenyataan yang terjadi diluar. Sebagai seorang yang 'opportunis' (aku kasi tanda petik) seorang yang mencari kesempatan. Aku pikir politik adalah suatu celah bermain yang luar biasa.

Ya, dari situ berbagai kesempatan terbuka sangat luas. Apalagi ketika aku bermimpi punya perusahaan TI dan mendapatkan proyek-proyek pemerintah. Atau ketika masalah regulasi mengganggu bisnis kita, afiliasi kita dengan pemerintah dan sumbu-sumbu kekuasaan sangatlah penting.

Aku tidak tahu apakah Bill Gates akan berpikir sangat politis sekali ketika membangun bisnisnya di Redmond. Ataukah seperti bapak 'Sosro' yang gambling ketika mencoba menjual idenya, menjual teh dalam kemasan botol? Yang jelas sepanjang saya mengetahui perjanjian, pembuatan keputusan di Indonesia lebih dipengaruhi faktor-faktor koneksi dan kekerabatan. Bukankah sangat banyak proyek TI yang ditandatangani atas dasar ini

Saya bertemu banyak rekan ilmu komputer yang dengan keyakinannya berusaha sekuat tenaga untuk membangun kerajaan bisnisnya. Entah apakah mereka mengetahui faktor politik sebagai salah satu faktor pendukung bisnisnya, atau ketika mereka memutuskan berkarir dalam dunia bisnis mereka sebenarnya telah mengawali karir politiknya sekaligus?
Entahlah...

Anjar Priandoyo
-Ingin terjun dalam dunia politik lalu berbisnis?-

No comments: